Kamis, 19 November 2015

Mempercantik Bagian Mata pada Foto-Photoshop

Pada tutorial ini kita akan belajar bagaimana mempercantik area mata pada sebuah gambar foto dengan Aplikasi Photoshop. Tutorial ini sangat mudah kamu ikuti karena saya tulis step by step sehingga hasilnya akan bagus danmenghasilkan foto yang cantik dengan photoshop.
Tutorial ini saya buat untuk kamu yang telah mengenal dasar-dasar pada photoshop, karena saya tidak menunjuki lagi tool-tool yang ada pada Photoshop.

Tutorial Photoshop

Langkah 1 : Buka gambar dengan photoshop

Langkah pertama buka terlebih dahulu foto dengan menggunakan photoshop. Setelah terbuka resize foto jika fotonya terlalu besar.
2 membuka gambar dengan photoshop
Pertama kita akan mencoba mengedit bagian kelopak mata,kita akan menambahkan bayangan (shadow) pada kelopak mata pada foto. Pilih Polygonal Lasso Tool dan buat sebuah layer baru pada pallete layer. Buat seleksi seperti gambar dibawah ini.
3 membuat seleksi pada foto
Buat satu lagi seleksi dengan tool yang sama, tekan dan tahan tombol shift pada keyboard agar seleksi pertama tidak hilang. Setelah membuat seleksi pada foto, isi warna dengan warna #556141 pada layer baru yang telah kita buat sebelumnya.
4 menambah warna pada mata
Hilangkan seleksi dengan menekan Select > Deselect. Kaburkan bayangan ini dengan memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Isikan Radius sebesar 4.5, bisa diubah untuk menyesuaikan gambar. Ubah Blending mode menjadi overlay sehingga akan menghasilkan foto seperti berikut.
5 mempercantik bagian mata
Jika ada bagian yang kurang bagus pada bagian kelopak mata, pilih Smudge Tool pada toolbox untuk memperbaikinya, pilih brush dengan ukuran 50px mode:normal dengan Strength 70%.
6 manipulasi bagian mata

Langkah 2 : Membuat bagian Eyeliner

Buat sebuah layer baru pada pallete layer. Pilih Polygonal Lasso Tool dan buat seleksi pada gambar seperti dibawah ini. Isikan warna dengan #282a37 sehingga menghasilkan gambar seperti berikut ini.
7 membuat bagian hitam pada mata
Hilangkan seleksi dengan Ctrl + D (select > deselect), lalu pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan setting dengan Radius 1.5 pixels. Ganti layer mode menjadi Color Burn dan ubah opacity layer menjadi 70%.
8 memberi efek warna pada mata
Pilih Smudge Tool pada toolbox dibagian kiri dengan brush ukuran 15px tarik bagian-bagian eyeliner agar efek eyeliner lebih cantik pada foto mata seperti berikut.
9 mempercantik efek mata

Langkah 3 : Membuat bayangan dibawah alis

Selanjutnya kita akan menambahkan sedikit cahaya dibawah alis. Buat sebuah layer baru dan pilih brush tool. Setting brush dengan ukuran 35px lembut dan brush putih dibawah alis seperti gambar berikut ini.
10 menambah warna putih dikelopak mata
Pilih Filter > Noise > Add Noise dan setting Amount 120%, Distribution dengan Gaussian dan centang pada bagian Monochromatic dibagian bawah. Ubah layer mode menjadi Soft Light sehingga menghasilkan gambar berikut ini.
12 hasil efek noise pada mata

Blur dengan tool Blur agar sedikit tampak kabur.
13 erase agar hasilnya lebih bagus
Pilih Erase Tool untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan sehingga hasilnya akan lebih bagus seperti gambar berikut.
14 hasil efek lebih cantik pada foto

Langkah 4 : Memperbaiki alis foto

Lanjut dengan memperbaiki bagian alis foto, buat sebuah layer baru dan buat lagi seleksi dengan menggunakan Polygonal Lasso tool dan buat seleksi, isikan seleksi dengan warna hitam seperti berikut.
15 memperhitam alis dengan photoshop
Hapus seleksi lagi dan isikan Gaussian blur seperti sebelumnya dengan radius 1.5px dan turunkan opacity agar tidak terlalu hitam dibagian alis dengan 24%.
16 hasil membuat alis dengan photoshop

Langkah 5 : Memperbaiki bulu mata

Dengan photoshop kita jg dapat menambah dan mempercantik bulu mata. Disini kita menggunakan pen tool namun sebelum memilih pen tool pilih dulu brush tool dengan besar sizenya 1 px serta hardness 0%, ini akan menghasilkan brush photoshop yang lembut. Lalu pilih pen tool pada toolbox.
Setting juga warna foreground menjadi warna hitam sesuai dengan warna bulu mata. Lalu tarik pen tool seperti gambar dibawah ini.
17 menambah bulu mata  dengan photoshop

Setelah membuat garis pen tool, klik kanan dan pilih Stroke Path. Akan muncul kotak Stroke Path, Pilih Brush dan centang pada bagian Simulate Pressure. Perhatikan hasil yang telah saya buat dibawah ini.
18 hasil bulu mata dengan photoshop
Buat kembali beberapa garis pen tool, klik kanan dan pilih stroke path kembali sehingga akan menghasilkan bulu mata yang cantik seperti pada hasil tutorial berikut ini.
19 bagian mata lebih cantik
Dan berikut hasil yang telah kita hasilkan.
1 gambar hasil mainpulasi dengan photoshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar